Minggu, 17 Mei 2015

wisata gunung bromo

Wisata Gunung Bromo

Objek Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Gunung Bromo adalah objek wisata provinsi jawa timur yang sangat popular, bukan sekedar dijadikan objek wisata domestik tapi juga menjadi objek wisata internasional. Setiap minggu banyak sekali wisatawan dari dalam negeri maupun wisatawan asing yang berkunjung dan menyaksikan indahnya pemandangan tempat wisata Gunung Bromo. Puncak kunjungan terbanyak ke objek wisata gunung bromo sekitar akhir tahun sampai tahun baru, dan tak kalah banyaknya pada saat liburan panjang setelah hari raya.

Tempat-tempat menarik di wilayah wisata Gunung Bromo

Ada beberapa tempat yang sering dikunjungi  di wilayah objek wisata Gunung Bromo yang menyajikan pemandangan yang indah dan sayang untuk anda lewatkan bila berkunjung ke Gunung Bromo. Berikut lokasi yang sering dikunjungi wisatawan bila berkunjung ke Gunung Bromo:
  1. Penanjakan
  2. Kawah Gunung Bromo
  3. Gua Widodaren
  4. Bukit Teletubbies dan Savana
  5. Pasir Berbisik

Penanjakan

Gunung Bromo, Batok dan Semeru di lihat dari Penanjakan
Objek wisata Gunung Bromo yang biasanya dikunjungi para wisatawan adalah penanjakan, karena bukan hanya menyajikan pemandangan yang sangat fantastik, tapi juga penanjakan adalah tempat paling tepat untuk melihat matahari terbit karena lokasinya yang paling tinggi.
Untuk menyaksikan matahari terbit di penanjakan, anda harus menyewa mobil jeep hardtop yang harganya antara 300 sampai 400 ribu rupiah, tapi bisa patungan untuk 6 sampai 7 orang. Anda harus bangun jam 3 pagi untuk persiapan berangkat, lalu naik jeep hardtop kepenanjakan melewati padang pasir yang masih gelap, tapi dengan sopir jeep yang sudah handal anda tidak perlu kuatir. Hal yang harus anda perhatikan adalah persiapkan baju yang tebal kerena suhunya sangat dingin sekali, kadang bisa sampai dibawah 5 derajat celcius.

Sunrise di Penanjakan


Sunset di Penanjakan

Kawah Gunung Bromo

Biasanya setelah menyaksikan matahari terbit di penanjakan, anda akan dibawa ke kawah Gunung Bromo, anda bisa berjalan dari tempat pemberhentian mobil jeep hardtop ke kawah Gunung Bromo atau anda bisa naik kuda sampai tangga Gunung bromo, lalu menaiki tangga yang berjumlah 250 anak tangga. Kadang anda harus menahan nafas karena bau khas belerang sangat menyengat hidung, tapi perjuangan anda menaiki Gunung Bromo akan terobati setelah sampai di puncak karena akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa.

Mendaki menuju kawah Gunung Bromo
Penjual Bunga Edelweis dan bunga kering di sekitar Gunung Bromo

 Gua Widodaren

Gua widodaren adalah objek wisata gunung bromo yang kebanyakan dikunjungi wisatawan lokal, ataupun penduduk sekitar dalam rangka upacara ritual dan memberi persembahan. Letak gua widodaren berada di sebelah barat gunung batok, dan harus jalan kaki yang menanjak untuk mencapai gua. Ciri khas gua Widodaren terdapat dua gua yang terpisah, dan mempunyai sumber air yang diyakini oleh penduduk sekitar bisa mengobati berbagai penyakit dan biasanya terdapat banyak sesajian (terutama pada hari kasada).
Penduduk lokal sedang melakukan ritual di gua widodaren

Bukit Teletubbies

Dinamakan bukit teletubbies karena terdapat bukit-bukit yang menyerupai bukit pada "serial tv teletubbies", bukit teletubbies terletak di wilayah barat daya Gunung Bromo, dan untuk mencapai sana anda bisa menyewa jeep hardtop.
Bukit Teletubbies mirip serial tv teletubbies

Jeep hardtop di wilayah bukit teletubbies

Akses masuk jalur objek wisata Gunung Bromo

Akses jalur masuk ke wilayah objek wisata gunung bromo bisa melalui 2 jalur, yaitu; lewat jalur masuk Kabupaten Probolinggo, tepatnya wilayah Cemoro Lawanng-Ngdisari kecamatan Sukapura, atau bisa melalui Jalur masuk Pasuruan, wilyah Wonokitri kecamatan Tosari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar